10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Bagi anda yang mungkin sudah bosan dengan acara TV yang kebanyakan cuma settingan, film yang jalan ceritanya makin hari-makin garing, ataupun menonton berita yang ternyata hanya menjual sensasi, menyaksikan acara olahraga dapat menjadi solusinya.

Olahraga bisa menjadi senyum ataupun bisa menjadi rasa bergidik ketika olahraga yang anda saksikan juga menjual hal-hal ekstrim dan berbahaya.

Di masa modern ini, anda dapat menyaksikan banyak olahraga ekstrim seperti gulat, tinju, ataupun panjat tebing. Tapi tahukah anda, bahwa dalam sejarah dan kebanyakan dari masa lalu, beberapa olahraga benar-benar ekstrim dan berbahaya yang dapat membuat anda berfikir bahwa olahraga seperti yang saya sebutkan di atas masih kalah ekstrim dan berbahaya dari olahraga yang akan saya sebutkan.

Inilah 10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

10. Calcio Fiorentino

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Dari namanya anda sudah tahu kalau olahraga ini dari Italia. Permainan ini sebenarnya tak jauh beda dengan rugby. Bedanya kalau rugby sekarang memakai pelindung lengkap dan cedera menjadi sangat minim.

Berbeda dengan olahraga yang dimainkan oleh Bangsa Romawi Kuno dan biasa dipertontonkan di alun-alun pusat kota florence ini. Mereka akan dibagi dalam dua tim yang saling berebut bola dengan mencoba cara apapun. Pemain bisa saling bergulat, meninju, menendang, menerjang semua sah.
Untuk menambah nuansa bela diri, setiap kali gol meriam akan ditembakkan.

Konyolnya pemenang cuma diberi hadiah makanan, atau seekor sapi (cuma seekor sapi........ kan ini tim berarti masih dibagi lagi).
Dan yang kalah diberi hadiah luka-luka untuk dirawat di rumah (lumayan lah).

9. Land Diving

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Biasa dimainkan di pulau Pentakosta, Vanuatu, Pasifik selatan.
Setiap pemain harus menaiki kayu bulat kasar setinggi 75 kaki (sekitar 25 meter).
Terus ekstrimnya dimana? kan cuma naik kayu kasar setinggi 25 meter, gue juga bisa.

Eits... tunggu dulu karena letak ekstrimnya bukan naiknnya, karena permainan baru dimulai.... Setelah anda naik dan sudah sampai di atas anda harus mengikatkan pohon anggur ke masing-masing kaki. Setelah itu anda harus melompat dari menara setinggi 25 meter tadi mirip seperti permainan bungee jumping. Walaupun pohon anggur punya elestisitas yang cukup baik. Tapi ya.. anda juga tahu bahwa itu tetaplah tanaman rambat, dan kebanyakan mereka yang memainkan ini pohon rambatnya putus.

8. Ancient Polo

Polo merupakan salah satu permainan tertua di dunia. Permainan ini sebenarnya masih sering dimainkan di masa kini tapi nuansa dalam memainkannya dengan suasana kekeluargaan.
Bedanya Ancient Polo di mainkan oleh Kekaisaran Persia Kuno beberapa waktu sebelum abad keenam SM.

Seperti yang saya sebut tadi kalau sekarang memainkannya dengan suasana kekeluargaan, dulu permainan ini dimainkan para pejuang oleh pasukan kavaleri dengan nuansa serius dan digunakan sebagai latihan perang, dan pastinya menggunakan ramming kuda dengan kecepatan tinggi.

Bahkan, Kaisar Byzantine Manuel menglami gegar otak, Kaisar Alexander dan John dari Trebizond meninggal kala memainkan permainan ini.

7. Anastenaria

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Olahraga yang berasal dari cerita, ribuan tahun yang lalu saat sebuah gereja di Bulgaria terbakar, orang-orang yang di dalam gereja keluar melintasi api dengan selamat. Setelah cerita tersebut orang-orang Bulgaria diikuti oleh Yunani memainkan permainan ini.
Mereka akan memabakar kayu-kayu lalu berjalan melintasinya.

6. Knattleikr

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Dimainkan oleh bangsa Viking, dan dengan mendengar bangsa Viking yang memainkannya pasti anda sudah tahu bahwa permainan ini menjurus keras.

Dua tim akan membawa sebuah kayu yang sudah dibentuk sedemikian rupa untuk menangkap bola.
Permainannya mirip seperti kriket. Tapi bola yang digunakan sangat keras dan akan membuat anda berdarah ketika bola tersebut mengenai anda.

5. Chariot Racing

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Dimainkan oleh bangsa romawi yang terkenal dengan gladiatornya yang brutal, namun ada olahraga yang juga sangat menarik orang Romawi waktu itu, yaitu chariot racing atau balapan karung eh.. kereta kuda.

Dimainkan di tempat yang juga digunakan untuk pertarungan gladiator, chariot racing disaksikan oleh 150.000 orang dimana kebanyakan mereka berjudi. Permainan ini menggunakan kereta yang ditarik oleh dua atau empat ekor kuda dalam tujuh lap. Kunci untuk menyalip dalam permainan Chariot racing adalah dengan memotong jalur dalam sehingga keceakaan menjadi hal yang lumrah.

Hasil studi menunjukkan bahwa rata-rata pemainnya meninggal di usia 22 tahun, tapi olahraga chariot racing memiliki jagoannya yang bernama Gayus Appuleius Diocles yang awalnya seorang kusir lalu berhasil menjadi orang yang kaya raya.

Tapi tetap saja, balapan kereta sangat berbahaya, bahkan syuting pun bisa mematikan. Film tahun 1926 Ben Hur menampilkan sebuah lomba kereta yang menelan korban lima kuda dan satu stuntman.

4. Water Jousting

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Olahraga Justing sangat berbahaya karena alat yang digunakan yaitu tongkat tajam dimana pelindung yang digunakan yaitu sebuah perisai bersama dengan tim pendayung berjumlah sepuluh orang dengan kecepatan tinggi berusaha menenggelamkan lawan ke dalam air.

Masyarakat sekitar sungai Nil malahan memilliki sistem permainan yang lebih mengerikan lagi, jika di tempat lainnya jatuh sama dengan tenggelam. Mereka jika jatuh ke dalam sungai Nil maka yang menunggu mereka bukan hanya air tetapi juga buaya dan kuda nil.

3. Pankration

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Di Di Yunani Kuno, Pankration adalah olahragayang diperlombakan dimana dua orang saling berhadapan dalam pertarungan brutal dengan peraturan yang hampir tidak ada. Satu-satunya peraturan adalah bahwa para pejuang tidak boleh menggigit, mencungkil mata, atau menyerang alat kelamin satu sama lain.

Ada satu pertandingan unik kala seseorang yang bernama Arrhichion memenangkan kontes Pankration dengan cara yang tidak biasa. Dia meraih salah satu kaki lawannya. Lalu Arrhichion berhasil mematahkan pergelangan kaki tersebut. Pada saat itulah wasit memutuskan pertandingan dihentikan karena Arrhichion pemenangnya. Namun saat itulah mereka mendapati Arrhichion telah meninggal, sebenarnya saat Arrhichion meraih kaki lawannya posisinya sudah terkunci dengan leher tercekik. Setelah itu mayat Arrhichion diberi mahkota pemenang dan diarak di jalanan.

2. Mob Football


10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Di Inggris pada abad ke-14 setiap hari selasa adalah hari yang paling ditunggu oleh para pemuda karena sangat populernya permainan ini. Sebenarnya permainan ini bisa disebut sebagai awal mula hooliganisme di sepak bola.

Permainannya mirip seperti sepak bola, bedanya mob football dimainkan oleh banyak orang sekaligus tanpa peraturan sehingga bisa disebut sebagai kerusuhan dan keruwetan daripada olahraga. Dan sebenarnya mereka menggunakan permainan ini sebagai ajang tawuran.

Cederanya? Bisa kaki patah hingga kematian. Bahkan dalam satu pertandingan Mob Football di Pont-l'Abbé, Prancis, 40 pria dikatakan telah tenggelam saat permainan mob football.

1. Cretan Bull Leaping

10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Peraturan dalam permainan Cretan bull leaping sangat-sangat sederhana dan anak kecilpun akan langsung paham bahkan dalam waktu sekejap. Yaitu anda diharuskan untuk melompati banteng.

Cukup mudah bukan? peraurannya yang mudah, lain lagi kalau ambil bagian dalam permainan. Olahraga ini awalnya yaitu pada 1400 SM di kreta. Dan yang perlu anda ingat bahwa banteng kreta berbeda dengan banteng yang sekarang banteng kreta terkenal akan keganasannya dan kecepatannya.

Kalau di olahraga lompat tinggi ketika anda gagal melompati tiang, anda akan jatuh di atas matras empuk. Tapi di olahraga Cretan bull leaping senggol dikit wasalam.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "10 Olahraga Paling Ekstrim dan Paling Berbahaya di Dunia Sepanjang Sejarah"

Post a Comment